Rabu, 23 Juli 2008

SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

KATA PENGANTAR



Puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan segala nikmat dan kesempatan untuk dapat membangun serta menigkatkan mutu SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Suatu informasi memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang kelancaran suatu kegiatan. Mengingat informasi itu penting untuk lebih mudah mengenal SMA Negeri 9 Bandar Lampung, maka kami mengimplementasi data-data tentang SMA Negeri 9 Bandar Lampung kedalam buku. Buku ini kami beri judul “Profil SMA Negeri 9 Bandar Lampung TP. 2006/2007”.
Buku “Profil SMA Negeri 9 Bandar Lampung TP. 2006/2007” berisi informasi umum yang diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengetahui kondisi SMA Negeri 9 Bandar Lampung terutama pada tahun pelajaran 2006/2007.
Kami berharap mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi kita semua, dan kepada semua pihak yang telah membantu baik matrial maupun spiritual kami atas nama SMA Negeri 9 Bandar Lampung mengucapkan terima kasih.

Bandar Lampung, Nopember 2006
Kepala SMA Negeri 9



Drs. Sobirin
NIP. 131603046


SELAYANG PANDANG
SMA Negeri 9 Bandarlampung

Letak Geografis Sekolah dengan rincian jarak dari ibu kota propinsi/ Kabupaten/ Kota.
SMA Negeri 9 Bandarlampung terletak di jalan Panglima Polem No: 18 Bandarlampung, di Propinsi Lampung, kota Bandarlampung, Kecamatan Tanjungkarang Barat, kelurahan Segalamider.
Jalan Panglima Polem membujur arah Utara – Selatan, batas jalan sebelah selatan jalan S A M Ratulangi, sedangkan batas sebelah utaranya jalan Pagar Alam.
Letak SMA Negeri 9 Bandarlampung diapit oleh beberapa sekolah, disebelah selatan SMP Negeri 10 Bandarlampung dan SLTP Swasta Wiyatama, sedangkan disebelah utaranya terdapat SMK Swasta Bhakti Utama.
Kendaraan umum yang melewati SMA Negeri 9 Bandarlampung adalah mikrolet jururan SAM Ratulangi – Tanjungkarang, sedangkan akses dari jalan Teuku Umar lewat jalan Tupai atau jalan Pagar Alam mengunakan becak.
Jarak SMA Negeri 9 dari ibukota propinsi/kota kurang lebih 4 km, jalan yang bisa ditempuh dari 0 Km ( depan Kantor Telkom) adalah melewati jalan Teuku Umar – SAM Ratulangi – Panglima Polem rute lainnya jalan Imam Bonjol – SAM Ratulangi – Panglima Polem, jalan Teuku Umar – Pagar Alam – Panglima Polem, jalan Teuku Umar – jalan Tupai – Panglima Polem.
Sejarah pendirian dan Otobiografi sekolah
Nomor Statistik SMA Negeri 9 Bandarlampung 30.1.12.60.01.09, tahun 1993, nomor buku AC 858499, dan buku sertifikat asli tersimpan pada Bagian Perlengkapan Dinas Pendidikan dan Perpustakaan.
Bahwa awal pendirian SMA Negeri 9 Bandarlampung bernama SMPP 51 ( Sekolah Menengah Perintis Pembangunan), mulai melaksanakan aktifitas belajar mengajar sejak tanggal 2 Januari 1996, sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud RI, nomor 0265/O/1995, tanggal 20 November 1975, Tahun 1984 berubah nama menjadi SMA Negeri 5 Tanjungkarang, dan tanggal 7 Maret 1997 berubah menjadi SMU Negeri 9 Bandarlampung sesuai dengan Surat Keputusan Mendikbud RI, nomor 035/O/1997.
Sejarah Kepemimpinan di Sekolah
Drs. Hi. A. SANI DJUNED Tahun 1975 s.d tahun 1980
Drs. Hi. SYAMSUDDIN KADAN Tahun 1980 s.d tahun 1990
Drs. Hi. M. NASIR HUSIN Tahun 1990 s.d tahun 1997
Drs. ROBBY SUHARLAN SUARSA Tahun 1997 s.d tahun 2000
Drs. Hi. SUYITNO Tahun 2000 s.d tahun 2002
Drs. SOBIRIN Tahun 2002 s.d tahun .......
Kondisi objektif serta dukungan SMP/MTs terdekat termasuk jarak di dalamnya.
Letak SMA Negeri 9 Bandarlampung tergolong jauh dari pusat keramaian kota, memiliki suasana yang sesuai untuk proses kegiatan belajar mengajar, dengan luas tahan kurang lebih 4 Ha, termasuk salah satu SMA yang luas di kawasan Banadarlampung.
Sekolah-sekolah SMP yang dekat dengan SMA Negeri 9 Bandarlampung:
1. SMP Negeri 10 Bandarlampung berjarak 400 m
2. SMP Swasta Wiyatama berjarak 300 m
3. SMP Swasta Bina Mulia berjarak 750 m
4. SMP Swasta Sejahtera berjarak 750 m
5. SMP Negeri 8 Bandarlampung berjarak 1.5 km
6. SMP Swasta Fransiscus berjarak 1.5 km
7. SMP Swasta Muhamadiyah berjarak 1 km
8. SMP Negeri 22 Bandarlampung berjarak 2 km



DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR............................................................................................... i
SELAYANG PANDANG......................................................................................... ii
DAFTAR ISI . iv
DENAH LOKASI.................................................................................................... 1
DENAH RUANG .. 2
STRUKTUR ORAGANISASI.................................................................................. 3
A. Identitas Sekolah................................................................................................... 4
B. Identitas Kepala Sekolah....................................................................................... 4
C. Visi Sekolah .. 5
D. Misi Sekolah .. 5
E. Tujuan Sekolah 5
1. Tujuan Jangka Pendek...................................................................................... 6
2. Tujuan Jangka Menengah.................................................................................. 6
3. Tujuan Jangka Panjang...................................................................................... 6
F. Program Kerja Tahun Pelajaran 2006/2007........................................................... 7
1. Bidang Akademik/Kurikulum............................................................................. 7
2. Bidang Kesiswaan............................................................................................. 7
3. Bidang Sarana dan Prasarana............................................................................. 8
4. Bidang Humas................................................................................................... 8
G. Tugas Pokok dan Fungsi....................................................................................... 9
1. Bidang Kurikulum.............................................................................................. 9
2. Bidang Kesiswaan........................................................................................... 10
3. Bidang Humas................................................................................................. 11
4. Bidang sarana dan Prasarana............................................................................ 12
5. Bidang Ketatausahaan...................................................................................... 12
H. Profil Tamatan 14
I. Prestasi 14
J. Angka Mengulang ............................................................................................... 15
K. Keadaan Siswa ................................................................................................. 16
L. Keadaan NEM PSB............................................................................................ 16
M. Keadaan Lulusan................................................................................................ 17
N. Keadaan Guru dan Tenaga Eknis Pendidikan....................................................... 18
O. Keadaan Guru dan Staf tata Usaha...................................................................... 20
P. Perpustakaan 20
Q. laboratorium 21
R. Sarana dan Prasarana.......................................................................................... 21
S. Kondisi Orang Tua.............................................................................................. 22
T. Anggaran Sekolah............................................................................................... 22
U. Target Lulusan SMA Negeri 9 Bandar Lampung.................................................. 23
A. Identitas Sekolah
1. Nama Sekolah : SMA Negeri 9 Bandar Lampung
2. Tahun berdiri : 1975
3. Alamat Sekolah : Jalan Panglima Polim No. 18 Segala Mider Bandar Lampung Kode Pos : 35152
: Telp / Fax : (0721) 701387 Bandar Lampung
E-Mail : sman9_bl@yahoo.com
Website : smun09bandarlampung.sch.id

B. Identitas Kepala Sekolah
1. Nama lengkap : Drs. Sobirin
2. Pendidikan terakhir : S1 ( Strata 1 )
3. Jurusan : Pendidikan Matematika
4. Pelatihan yang pernah diikuti :


No.


Tahun

Nama Pelatihan

Lama Pelatihan (hari)
1
1996
Pemanfaatan Komputer
2 Minggu
2
1997
Seleksi Calon IMEN
3 Minggu
3
1998
Guiru Inti MGMP SMU
3 Minggu
4
2001
Widya Iswara BPG
3 Minggu
5
2002
Pelatihan Calon Kepala Sekolah
3 Minggu
C. Visi
SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TERDEPAN DALAM IMTAQ DAN IPTEK
Indikator :
· Terwujudnya suasana sekolah yang kondusif, taqwa, harmonis dan indah
· Terwujudnya sekolah yang berbudaya mutu dan berakhlak mulia
· Terwujudnya kemandirian, kompeten dan berdaya saing iptek

D. Misi
1. Menjadikan masyarakat sekolah beriman dan bertaqwa, serta berbudaya mutu.
2. Meningkatkan profesionalisme ketenagaan.
3. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan mutu lulusan.
4. Memanfaatkan dan mengembangkan sarana prasarana sumber belajar.
5. Meningkatkan peran serta orang tua, masyarakat, dunia usaha dan industri dalam pendidikan.

E. Tujuan
Untuk mengimplementasikan penyelenggaraan pendidikan yang di atur dalam Undang-undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional sebagai berikut :
“Pendidikan Nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global, sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.”

Untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan peran pemerintah sangat dominan dalam mengelola pemerataan pendidikan terutama pengembangan SDM guru, fasilitas sarana prasarana sekolah (ruang kelas, laboratorium IPA, laboratorium bahasa dan lain sebagainya).
Peran sekolah dalam mengimplementasikan program pemerintah adalah perlu adanya rumusan yang tepat dan terprogram dalam bentuk merumuskan tujuan yang hendak dicapai .

1. Tujuan Jangka Pendek Tahun Pelajaran 2006/ 2007 adalah :
a. Tercapainya target Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan ( KTSP )
b. Disiplin KBM tepat waktu.
c. Kerja guru dan pegawai yang sinergis fungsional.
d. Kekeluargaan dan kerjasama yang harmonis.
e. Tertib administrasi pembelajaran dan ketatausahaan.
f. Tertib pengelolaan kelas.
g. Efektivitas kegiatan ekstrakurikuler.
h. Fungsionalisasi Laboratorium dan Perpustakaan.
i. Disiplin tata krama dan tatatertib.
j. Terbentuknya sekolah rintisan SNBI
k. Cepat dan tepat pelayanan.
2. Tujuan Jangka Menengah 2006 - 2008
a. Performance sekolah yang menarik.
b. Jaminan pelayanan keamanan dan ketertiban.
c. Terselenggaranya anrichment dan remedial teaching.
d. Meningkatnya minat baca dan belajar siswa.
e. Terwujudnya pembelajaran yang menyenangkan
f. Terwujudnya group siswa unggulan. Yang kompetitif
g. Terbentuknya club-club olah raga prestasi.
h. Terlaksananya sekolah rintisan SNBI
i. Terbentuknya lingklungan seni/group seni budaya.
3. Tujuan Jangka Panjang 2006 - 2010
Terwujudnya sekolah yang memiliki prestasi akademis dan non akademis yang terdepan.dan terciptanya lingkungan pendidikan yang menyenangkan , dengan cara :
a. Meningkatnya performance sekolah dengan
b. Meningkatnya pelayanan sekolah
c. Terlaksananya sekolah Bertaraf Internasional
d. Meningkatnya mutu pendidikan.
F. PROGRAM KERJA TAHUN PELAJARAN 2006/2007
Bidang Akademik/Kurikulum
a. Melaksanakan kegiatan belajar 42 jam / minggu
b. Melaksanakan pembinaan/remedial khusus untuk siswa-siswi yang belum kompeten
c. Melaksanakan ulangan harian minimal 2 kali dalam 1 semester
d. Melaksanakan ulangan umum pada tiap akhir semester
e. Menetapkan Target yang akan dicapai pada setiap semester untuk mata pelajaran
f. Memberikan hadiah kepada siswa yang mendapat peringkat 3 besar pada setiap tingkat kelas
g. Mengaktifkan dan mengefektifkan kegiatan MGMP sekolah
h. Mempersiapkan siswa untuk mengikuti olimpiade saint melalui bimbingan yang intensif
i. Mengaktifkan guru untuk membuat perangkat pembelajaran, penilaian dan menganalisis hasil belajar siswa
j. Memanfaatkan media elektronik guna menunjang proses pelajar mengajar
k. Mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru
l. Mewajibkan siswa yang beragama islam untuk menghafal surat pendidik 3 – 6 surat persemester
m. Mewajibkan warga sekolah menggunakan bahasa inggris pada setiap hari sabtu

Bidang Kesiswaan
a. Membimbing OSIS untuk membuat program yang terarah dan bermanfaat serta membantu pelaksanaannya
b. Meningkatan ketertiban sekolah
c. Membimbing ekstrakurikuler dalam menentukan target kegiatan dan menyusun program untuk mencapai target
d. Melakukan pembinaan akhlak dan tata karma
e. Mengajak siswa untuk membertanggungjawab terhadap pemeliharaan lingkungan sekolah
f. Mengundang para ahli untuk memberikan infromasi tentang NAPZA 1 kali persemester
g. Menggerakan siswa untuk peduli pada sesame warga masyarakat
h. Mengadakan kegiatan-kegiatan sebagai sarana unjuk prestasi bagi siswa dalam bidang seni, olah raga, dan kreativitas lainnya
i. Pembinaan dan pelayanan kesehatan sekolah
j. Pembinaan dan pemeliharaan lingkungan sekolah

Bidang Sarana dan Prasarana
a. Inventarisasi/pendayagunaan sarana dan prasarana
b. Pengadaan LCD proyektor
c. Pengadaan Class Room Information
d. Penyediaan dan perbaikan sarana olah raga
e. Pemeliharaan dan pembinaan katin sekolah
f. Pemeliharaan taman dan lingkungan
g. Memperbaiki dan melengkapi sarana pembelajaran

Bidang Humas
a. Menjalin kerjasama dengan tokoh masyarakat, instansi pemerintah, instansi swasta, perguruan tinggi dan organisasi masyarakat dalam rangka mencari dukungan terhadap program sekolah
b. Mendata siswa dan mengajak orang tua berpartisipasi dalam pengembangan sekolah
c. Mendata alumni dan mengajak berpartisipasi dalam pengembangan sekolah
d. Mengkoordinir perlombaan/pertandingan di sekolah dan di luar sekolah
e. Pemeliharaan dan pengadaan lingkungan sekolah


G. TUGAS POKOK DAN FUNGSI

1. BIDANG KURIKULUM

a. Pembangian tugas guru mata pelajaran dan bimbingan konseling
b. Penyusunan program tahunan dan semester
c. Penyusunan formasi kelas , wali kelas dan guru piket
d. Penyusunan jadual pelajaran ulangan, jadual uan
e. Rapat-rapat guru , rapat-rapat wali kelas, guru bk dan staf kegiatan mgmp
f. Mutasi siswa ( pendeleg dari waka kesiswaan )
g. Penyusunan silabus, sp dan rp, serta strategi pembelajaran
h. Penyusunan kisi-kisi soal dan pembuatan soal ulangan blok dan uan
i. Pelaksanaan ulangan harian/ blok , ulangan tengah semester dan ulangan semester
j. Pengelolaan nilai dan daya serap siswa
k. Pembagian buku raport dan sttb
l. Penyusunan kriteria kenaikan kelas, penjurusan dan kelulusan
m. Kegiatan pendalaman materi
n. Kegiatan matrikulasi
o. Pembinaan dan seleksi pmka dan sejenisnya
p. Seleksi lpir, imo, ipho, ibo, ico, ioi
q. Penyusunan laporan bulanan
r. Pembuatan daftar statistik sekolah
s. Kehadiran guru dan karyawan, serta rekapitulasinya
t. Kegiatan supervisi kelas
u. Pembuatan data statistik guru
v. Penyusunan angka kredit guru


2. BIDANG KESISWAAN

a. Penerimaan siswa baru
b. Pelaksanaan MOS
c. Pemilihan OSIS , Pelaksanakan LDK dan Orientasi gabungan
d. Pengisian Buku Induk
e. Mutasi siswa ( didelegasikan pada waka kurikulum * )
f. Pelaksanaan 8 K
g. Pelaksanaan senam pagi
h. Pembinaan OSIS dan seksi-seksinya
i. Absensi siswa
j. Pelaksanaan upacara (Rutin, dan nasional )
k. Kegiatan HUT Sekolah
l. Kegiatan ekstra kurikuler
m. Mengembangkan wawasan dan ketrampilan siswa dibidang seni suara, seni tari, seni rupa, seni kerajinan, seni drama dan sastra, musik dan fotografi
n. Mementaskan , memamerkan berbagai cabang seni baik karya seni dari sekolah maupun karya seni dari luar lingkungan sekolah.
o. Kegiatan wisata pendidikan
p. Mengadakan kegiatan-kegiatan lomba
q. Melaksanakan penelitian siswa
r. Pembuatan mading sekolah
s. Penyusunan program dan jadual pembinaan secara berkala
t. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan
u. Melaksanakan seleksi beasiswa ( dideleg. pada waka Humas *)

3. BIDANG HUMAS

a. Peringatan hari-hari besar agama
b. Pementasan lomba-lomba kegiatan keagamaan
c. Penyelenggaraan diklat keagamaan
d. Meningkatkan ketrampilan dalam menciptakan suatu barang yang lebih berguna
e. Meningkatkan usaha-usaha ketrampilan tangan (Hasta karya)
f. Membina koperasi sekolah , wartel dan warnet
g. Membina kantin dilingkungan sekolah
h. Menggali sumber dana yang tidak mengikat untuk keperluan
1. Bea siswa anak yang tidak mampu
2. THR, Natal
3. Santunan musibah dan kematian
4. Sumbangan suka cita
i. Koordinasi dan pembinaan organisasi kemasyarakatan sekolah
j. Menyelenggarakan rapat orang tua siswa
k. Mengkomunikasikan informasi sekolah kepada stake holders
l. Membentuk pengurus Komite Sekolah
m. Kerjasama antar sekolah
n. Kerjasama antar instansi
o. Kerjasana dengan komite sekolah
p. Melaksanakan seleksi dan pengurusan bea siswa (Pendelegasian wk Kesiswaan)








4. BIDANG SARANA PRASARANA

a. Kebersihan ruang belajar/ gedung-gedung, musholla, dan sarana olah raga
b. Peningkatan daya guna halaman ( Bersih, indah dan rindang )
c. Usaha Kesehatan Sekolah , kebersihan dan sanitasi lingkungan sekolah
d. Pengadaan perlengkapan sekolah
e. Rehabilitasi dan pengadaan alat-alat kantor, kelas, perpustakaan
f. Pemeliharaan dan pengembangan laboratorium dan perpustakaan sekolah
g. Pendayagunaan ruangan
h. Merencanakan anggaran komite sekolah
i. Merencanakan anggaran rutin
j. Merencanakan anggaran DBO dan Dana Bantuan Proyek

5. BIDANG KETATAUSAHAAN

a. Adm. Ketenagaan
1. Pengangkatan guru dan karyawan
2. Pembinaan karier dan profesionalisme guru dan karyawan
3. Pembinaan mental
4. Pembagian tugas guru dan tata usaha
5. Kenaikan Berkala
6. Kenaikan pangkat dan jabatan
7. Taspen
8. Askes
9. Karis/ Karsu
10. Formasi guru dan tata usaha
11. Absensi kehadiran guru dan Tata Usaha
12. Mutasi/ Pensiun pegawai
13. DUK
14. Pengisian DP-3
15. Laporan ketenagaan
16. Pengusulan guru dan tata usaha teladan
b. Adm. Perlengkapan
17. Pengarsipan surat masuk dan surat keluar
18. Pengadaan perlengkapan kantor
19. Inventarisasi alat-alat kantor dan sarana sekolah
20. Pemeliharaan alat-alat kantor
21. Perlengkapan perpustakaan
22. Sarana kebersihan
c. Adm. Kesiswaan
23. Penulisan buku induk
24. Penulisan Klaper
25. Buku mutasi
d. Adm. Keuangan
26. Pembuatan daftar gaji
27. Pengolahan uang UYHD
28. Pengolahan dana DBO
29. Rerencanan RAPBS
30. Perencanaan MOS
31. Perencanaan Ulangan umum
32. perencanaan anggaran pengadaan, rehab, pemeliharaan
33. Perencanaan anggaran kegiatan ekstra kurikuler

H. Profil Tamatan ( 6 tahun terakhir)


Tahun Pelajaran
Tamatan
(%)
Rata-rata NEM
( Bin,Big,Mat,Eko)

Siswa yang Melanjutkan ke Perguruan Tinggi
Jumlah
Target
Hasil
Target
Jumlah
Target
1998/1999
408
100 %
5.50
6.00
151
202
1999/2000
492
100 %
6.04
5.00
177
250
2000/2001
394
100 %
6.06
6.50
193
275
2001/2002
392
100 %
5.64
6.50
165
275
2002/2003
395
100 %
6.41
6.50
195
275
2003/2004
402
100 %
5.55
6.50
197
275
2004/2005
314
100 %
7.58
7.00
195
275
2005/2006
317
100 %
8.37
7.00
197
275


I. Prestasi yang pernah dicapai oleh sekolah ( 6 tahun terakhir)

1. Akademik

No.
Kejuaraan
Tingkat*
Tahun
1.
Lomba LCT Mipa SMU Ke- I
Provinsi
1999
2.
Lomba LCT Akuntansi
Provinsi
2000
3.
Pengibar bendera pusaka
Provinsi
2001
4.
Lomba Kreasi Teknologi Sederhana
Provinsi
2002
5.
Pra Olympiade Biologi
Provinsi
2002
6.
Lomba Debate Championship English
Provinsi
2003
7.
Lomba LKIR
Provinsi
2003
8
Lomba Olimpiade Kimia (ICO)
Provinsi
2004
9.
Karya tulis tentang Nilai –Nilai Budaya dan Tata Krama
Provinsi
2005


2. Non-Akademik

No.
Kejuaraan
Tingkat*
Tahun
1.
Pengibar bendera pusaka
Provinsi
2001
2..
Palbes CUP II
Provinsi
2002
3..
Festival Seni Budaya Nasyid
Provinsi
2002
4..
Jambore ROHIS
Kota
2002
5..
Panjat Tebing Putera
Provinsi
2002
6.
Panjat Tebing Puteri
Provinsi
2002
7.
Juara Lomba Sekolah Hijau
Provinsi
2003
8.
Juara Lomba Cipta Puisi
Provinsi
2003
9.
Pengibar bendera pusaka
Nasional
2003
10.
Juara Lomba Sekolah Hijau II
Provinsi
2004
11
Juara I Lomba UKS
Kota
2005
12
Juara III lomba UKS
Provinsi
2005
13
Juara I Lomba UKS
Provinsi
2006

J. Angka mengulang siswa ( 5 tahun terakhir)


Tahun Pelajaran
Kelas 1
(orang)
Kelas 2
(orang)
Kelas 3
(orang)
2000/2001
-
-
-
2001/2002
-
-
-
2002/2003
1
-
-
2003/2004
-
1
-
2004/2005
-
-
-
2005/2006
-
-
-
2006/2007
-
-
-

K. Keadaan siswa ( 6 tahun terakhir )



Tahun Pelajaran


Jumlah Siswa


Rasio Siswa Baru Terhadap Pendaftar
Kelas 1
Kelas 2
Kelas 3
Jumlah
2001/2002
405
389
393
1187
1 : 3
2002/2003
320
405
395
1113
1 : 4
2003/2004
320
320
404
1044
1 : 5
2004/2005
360
320
320
1000
1: 6
2005/2006
304
360
319
983
1: 6
2006/2007
306
317
354
977
1 : 6
Jml Rombel
9
8
8
25
T.P.2004/2005


L. Keadaan Nem PSB ( 6 tahun terakhir )

P M B
T.P. 2001/ 2002
T.P.
2002/ 2003
T.P.
2003/ 2004
T.P.
2004/
2005
T.P
2005/
2006
T.P
2006/
2007
Nem Terendah
27.47
43.72
89.28
27.19
78.828
14.17
Nem Tertinggi
46.22
23.66
42.68
87.58
96.693
97.84
Nem Diterima

38.90
36.45
70.97
64.73
78.215
81.44

Catatan : T.P. 2005/2006, 2006/2007 menggunakan tes potensi akademik


M. Keadaan Lulusan ( 7 tahun terakhir )


Lulusan
T.P.
1999/ 2000
PMKA UMPTN
T.P.
2000/2001
PMKA UMPTN
IPA. Jml Nem Terendah
30.30


32.78


Jml Nem Tertinggi
54.99
41
136
55.23
48
145
Jml Nem rerata
42.49


42.47


Jml Peserta
303


225


IPS. Jml Nem Terendah
23.78


19.78


Jml Nem Tertinggi
51.57


42.97


Jml Nem rerata
42.38


33.93


Jml Peserta
189


169


Jml Peserta IPA + IPS
492
177
394
193
% Diterima PTN

36 %

49 %

Lulusan
T.P.
2001/2002
PMKA MPTN
T.P.
2002/2003
PMKA UMPTN
IPA. Jml Nem Terendah
49.44


66.00


Jml Nem Tertinggi
71.30
54
111
84.73
53
142
Jml Nem rerata
60.92


75.11


Jml Peserta
222


213


IPS. Jml Nem Terendah
46.55


65.71


Jml Nem Tertinggi
73.14


81.76


Jml Nem rerata
63.08


74.27


Jml Peserta
171

181

Jml Peserta IPA + IPS
393
165
394
195
% Diterima PTN

42 %

49 %

Lulusan
T.P. 2003/2004
PMKA MPTN
T.P. 02004/2005
PMKA UMPTN
IPA. Jml Nem Terendah
58,07


8,33


Jml Nem Tertinggi
76,60


9,50


Jml Nem rerata
67,28


7,43


Jml Peserta
239
56
141
199
45
160
IPS. Jml Nem Terendah
53,81


4,60


Jml Nem Tertinggi
77,25


9,33


Jml Nem rerata
67,61


7,74


Jml Peserta
163

115

Jml Peserta IPA + IPS
402
197
314

% Diterima PTN

49 %

63 %
Lulusan
T.P. 2005/2006
PMKA MPTN
T.P. 02006/2007
PMKA UMPTN
IPA. Nem Terendah
4.33


4.33


Nem Tertinggi
9.67


10.00


Nem rerata
8.24


8.14


Jml Peserta
199
47
164
206
35
187
IPS. Nem Terendah
5.60


6.00


Nem Tertinggi
10.00


10.00


Nem rerata
8.49


7.80


Jml Peserta
118

148

Jml Peserta IPA + IPS
317
211
354
222
% Diterima PTN






N. Keadaan guru dan tenaga teknis pendidikan



No.


Bidang/ Mata

Jumlah
personil
Kesesuaian dengan latar-belakang pendidikan


Keterangan

Pelajaran (MP)
Per-MP
Sesuai (match)
Tidak Sesuai (mismatch)
Tenaga Rangkap
Mengajar MP
1.
Pendidikan Agama





a. Islam
4
4

-

b. Katholik
2
2

-

c. Protestan
1
1

-

d. Hindu
1
1

-

e. Budha
-
-

-
2.
Kewarganegraan
4
4

-
3.
Bahasa dan Sastra Indonesia
6
6

-
4.
Bahasa Inggris
6
6

-
5.
Bahasa Asing lain
-
-

-
6.
Matematika
8
8

-
7.
Fisika
7
7

-
8.
Biologi
4
4

-
9.
Kimia
6
6

-
10.
Sejarah
3
3

-
11.
Geografi
2
3

-
12.
Sosiologi
2
-
3
-
13.
Antropologi



-
14.
Ekonomi
5
5

-
15.
Akuntansi
2
2

-
16.
Kesenian
3
1
2
-
17.
Teknologi Informasi & Komunikasi / Ket
3
2
1
-
18.
Pend. Jasmani
4
4

-
19.
Laboran
1
1

-
20.
Pustakawan/wati
2
2

-
21.
Bimbingan
7
7

-

JUMLAH
84
79
5

O. Keadaan guru dan staf tata usaha berdasarkan golongan

Golongan
Guru
Tata Usaha
Keterangan
IV. a
38


III. a

2

III. b
7
2

III. c
14


III. d
9


II. a

3

II. b

1

II. c

2

II. d

1

I.b



Guru Bantu
2


Tenaga honor
14
7

Jumlah
84
18



P. Perpustakaan

Jenis Buku
Jumlah Judul
Jumlah buku
Pegangan guru
138
274
Teks siswa
118
16836
Penunjang
349
4979


Q. Laboratorium

No
Nama Laboratorium
Kondisi
Keterangan
1
Fisika
Sedang
Perlu rehab dan tambah alat
2
Kimia
Baik
Perlu tambah alat
3
Biologi
Sedang
Perlu tambah alat
4
Bahasa
Sedang
Alat-alat Lab sudah berfungsi dengan baik
5
Komputer
Baik
40 Unit P-3, 1 unit server pent. 4

R. Sarana dan Prasarana

Sarana/Ruang
Jumlah
Luas (m2)
Teori/Kelas
25
1804
Laboratorium :


Fisika
1
120
Biologi
1
120
Kimia
1
120
Komputer
1
180
Bahasa
1
120
Perpustakaan dan ICT
1
320
Keterampilan
-
-
Kesenian
-
-
Multi media
1
128
UKS
1
8
Olahraga
1
800
OSIS
1
9
Ibadah
1
120
Ruang Koperasi
1
10
Ruang BK
1
5
WC Siswa
10
30
Ruang Guru
1
160
Gudang
2
24
R. Ganti Pakaian
1
3
Ruang Ekskul
3
27


S. Kondisi Orang Tua

Pekerjaan
Jml
(%)
Penghasilan
Per-bulan (Rp.)
Jml
(%)
Tingkat
Pendidikan
Jml
(%)
Pegawai Negeri
8.89
< 200.000
17.03
SD/lebih rendah
2.19
TNI/POLRI
2.88
201.000 – 400.000
21.25
SLTP
6.07
Karyawan Swasta
39.03
401.000 – 600.000
15.78
SLTA
52.15
Petani
6.01
601.000 – 1.000.000
30.31
Perguruan Tinggi
39.59
Pedangan Swasta
22.44
> 1.000.000
15.63


Nelayan
0




Lain-lain
21.17






T. Anggaran Sekolah (sesuai RAPBS)

Tahun Pelajaran
Dari Rutin
(Rp.)
Dari Orang Tua/
Masyarakat (Rp.)
Jumlah
(Rp.)
200/2001
90.000.000,00
173.293.500,00
326.500.000,00
2001/2002
57.000.000,00
206.075.000,00
302.800.000,00
2002/2003
90.000.000,00
362.400.000,00
452.400.000,00
2003/2004
110.960.000,00
423.480.000,00
534.440.000,00
2004/2005
110.960.000,00
494.760.000,00
605.720.000,00
2005/2006
110.960.000,00
542.760.000,00
653.720.000,00
2006/2007
174.125.000,00
666.120.000,00
840.145.000,00


Rincian Dana Komite Tahun Pelajaran 2006 / 2007 sbb :
1. Kesejahteraan guru da karyawan Rp. 196.440.000,00
2. Program peningkatan mutu Rp. 343.480.000,00
3. Sarana-prasarana Rp. 79.800.000,00
4. Kesiswaan Rp. 23.350.000,00
5. Operasional Komite Rp. 23.050.000,00 Jumlah Rp. 666.120.000,00
U. Target Lulusan SMA Negeri 9 Bandar Lampung
Profil lulusan siswa SMA Negeri 9 Bandar Lampung yang ingin dituju adalah siswa yang memiliki kecakapan hidup yang dikembangkan berdasarkan ” Multi Intelgensi ” mereka. Kecakapan hidup tersebut terwujud dalam kompetensi dan sikap yang memperkaya kehidupan dan memperkaya potensinya untuk berhasil sebagai individu maupun anggota masyarakat. Kompetensi dan sikap tersebut membentuk gambaran siswa sebagai berikut.
1. Siswa yang mempunyai integritas moral yang tinggi
2. Pemecah masalah :
a. Mampu mengidentifikasi , mendefinisikan, dan menganalisa persoalan
b. Mampu memformulasikan alternatif-alternatif pemecahan dengan menggunakan pengetahuan , ketrampilan dan nilai-nilai hidup.
c. Mampu membuat pilihan yang tepat dari alternatif-alternatif tersebut dan kemudian mengembangkan strategi untuk pelaksanaan dan penilaian dari hasil pilihan tersebut.
3. Pembelajaran sepanjang hidup yang mandiri yang diperlihatkan dengan kemampuan mencari , mengorganisasi dan memproses informasi untuk kepentingan kini dan nanti.
4. Pribadi yang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan yang ditunjukan dengan :
a. Kesediaan menerima tugas
b. Menentukan standa5r dan strategi yang tepatmenyelesaikan tugas tersebut.
c. Secara konsisten bekerja menyelesaikan tugas tersebut
d.. Mampu mempertanggungjawabkan hasil.
5. Pemikir yang kreatif, siswa yang berani berspekulasi dengan meneliti dan mensintesakan cara-cara yang belum pernah dicoba untuk melahirkan ide baru.
6. Komunikator yang efektif dan efisien ( dalam bahasa Indonesia atau bahasa asing )
7. Pribadi yang memahami dirinya sendiri sebagai hasil dari penilaian diri terhada[p kepercayaan , perasaan , sikap dan nilai-nilai yang dimilikinya dan hubungan dirinya dengan lingkungannya .
8. Siswa yang mampu bekerjasama dengan orang lain baik sebagai anggota atau pemimpin kelompok.
9. Mempunyai ketrampilan menggunakan sarana ICT untuk menunjang studinya.
a. Mampu mengoperasikan word – processor, excell
b. Mampu menggunakan internet
10. Mempunyai kebiasaan membaca dan menulis yang baik .
11. Menguasai materi pelajaran yang ditunjukan dengan kelulusan Ujian Nasional dan Ujian Sertifikat Internasional untuk mata pelajaran wajib
12. Mempunyai kepedulian terhadap lingkungan sosial , fisik dan kultural
13. Mampu menghasilkan karya.

Adapun harapan dari SMA Negeri 9 Bandar Lampung dimasa depan bertolak dari Visi dan Misi sekolah yang dikembangkan dalam bentuk program-program yang berkelanjutan.
Harapan yang ingin dicapai sekolah ini adalah :
a. Mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi pendidikan di SMA sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
b. Terciptanya suasana dan budaya akademik dan non akademik yang kondusif dan bermoral.
c. Terciptanya sekolah yang memiliki budaya bersih, indah sehat dan nyaman untuk belajar.
d. Menghasilkan lulusan yang kompeten dari semua bidang , berdaya saing iptek dan berkemandirian tinggi.
e. Menambah dan memelihara fasilitas yang berkelanjutan.
f. Memperbaiki dan mengembangkan secara berkelanjutan sistem manajemen sekolah menuju efesiensi dan profesionalisme
g. Menggali sumber dana baru ( non konvensional ).
h. Mengembangkan jalinan kerjasana dengan pihak lain.
Kebersihan dan kesehatan adalah salah satu faktor pendukung meningkatnya mutu pendidikan. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat akan menjadi daya tarik tersendiri dan merupakan penunjang kenyamanan berlangsungnya proses belajar dan mengajar dilingkungan sekolah.
Untuk meningkatkan kesehatan dan kebersihan tersebut tentu harus juga didukung oleh sarana dan prasaran yang memadai. Sarana prasana tersebut sudah barang tentu membutuhkan dana yang cukup , dan kami belum mempunyai dana yang dialokasikan kearah tersebut. Dana yang dimiliki oleh sekolah hanya cukup untuk membiayai kegiatan operasional secara minimal, belum mampu untuk pengembangan dan memberikan pelayanan peningkatan Usaha Kesehatan di SMA Negeri 9 Bandar Lampung.
Harapan kami semoga bantuan dana masih dapat di berikan, mengingat sumber dana yang berasal dari bantuan masyarakat maupun bantuan rutin yang dimiliki oleh sekolah masih sangat terbatas.

1 komentar:

adipatria mengatakan...

semoga sukses dan Jaya selalu SMAN 9 Bandarlampung ... saya Heru adipatria (www.adipatria.com)(alumni sewaktu masih SMAN 5).. berharap sekolahku dapat mencetak insan2 yg berguna bagi masyarakat dan juga selalu bertaqwa kepada sang khalik.
Salam hormat saya kepada seluruh guru2 yang terus berkarya tanpa kenal lelah dalam menjalankan amanat.